Tops from East Lombok : Begasingan Gasing Lombok Timur : Begasingan

Pemantok & Penggorong
Of the Sasak people, Lombok

 Pemantok & Penggorong
Dari Masyarakat Sasak, Lombok


org-megang-gasing 

 Begasingan is one of the game that has elements of art and sport, and is a game that is quite old in the Sasak.
Begasingan comes from two syllables and the Gang Sing meaning; Gang is the location of the land / hallway, Sing meaning sound.
These games are usually held on a vacant site or location where it can be carried or held unlike other games.
This reflects the nuances of traditional art civic stick to the guidelines and rules that apply in the game. Value - value that thrive in it always puts a mutual respect and a strong sense of community and whole in carrying out a purpose and always uphold the noble values ​​yangmenjadi self pride.



Begasingan merupakan salah satu dari permainan yang mempunyai unsur seni dan olah raga, dan merupakan permainan yang tergolong cukup tua di masyarakat Sasak.
Begasingan ini berasal dari dua suku kata yaitu Gang dan Sing yang artinya ; Gang adalah lokasi lahan / lorong, Sing artinya suara.
Permainan ini biasanya dilaksanakan pada tempat atau lokasi yang kosong dimana saja bisa dilaksanakan atau diadakan tidak seperti permainan lain.

Seni tradisional ini mencerminkan nuansa kemasyarakatan yang tetap berpegang kepada petunjuk dan aturan yang berlaku di tempat permainan itu. Nilai – nilai yang berkembang di dalamnya selalu mengedepankan rasa saling menghormati dan rasa kebersamaan yang cukup kuat serta utuh dalam melaksanakan suatu tujuan dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur yangmenjadi kebanggaan jati diri.

pemantok-dan-penggorong
 These games are usually done by all age groups and the number of players depending on the agreement of both parties in the field.
Tops big names pemantok, hitting special use. Named a top small pengorong or release, specifically to be played or installed to immediately struck. Spinner is from the village of Shemaiah, District Sikur, East Lombok.


Permainan ini biasanya dilakukan oleh semua kelompok umur dan jumlah pemain tergantung kesepakatan kedua belah pihak di lapangan.
Gasing yang besar namanya pemantok, khusus dipakai memukul. Gasing yang kecil dinamai pengorong atau pelepas, khusus untuk diputar atau dipasang untuk segera dipukul. Gasing ini berasal dari desa Semaya, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur.

Gasing Suku Sasak Lombok 

 The material consists of wood acid and iron edges of the dipande Beji kolaher steel. Iron treated using Autosol previously cleaned with sandpaper first,
 Bahannya terdiri dari kayu asam dan besi pinggirnya dari beji baja kolaher yang dipande. Besinya dirawat dengan menggunakan Autosol yang sebelumnya dibersihkan dengan amplas terlebih dahulu,
 

Comments

Popular posts from this blog

GASING MAKASSAR

GASING TANJUNG PINANG

ASMAT CULTURAL FEAST 2011 / PESTA BUDAYA ASMAT 2011