Festival Budaya Asmat Kembali Digelar

Festival Budaya Asmat Kembali Digelar
Festival Budaya Asmat kembali akan digelar. Penyelenggaraan Festival Budaya Asmat ke-26 tahun ini akan dilaksanakan di Lapangan Yos Sudarso, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua pada 20-25 Oktober 2011.


Penyelenggaraan Festival Budaya Asmat dimaksudkan untuk melestarikan nilai-nilai luhur seni budaya Asmat serta mempertahankan Asmat sebagai situs budaya (culture heritage) maupun sebagai daerah tujuan wisata utama Provinsi Papua.

Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenbudpar Dr.Sapta Nirwandar yang diwakili Sekditjen Pemasaran Pariwisata Kemenbudpar Fahtul Bahri mengatakan, Kementerian Budpar memiliki program pendukungan untuk Festival Budaya Asmat, yang menjadi salah satu event unggulan Provinsi Papua. Festival Budaya Asmat yang telah berjalan cukup lama ini telah menarik kunjungan wisatawan untuk datang ke Provinsi Papua. Penyelenggaraan Festival Budaya Asmat ini merupakan bagian dari Program Kenali Negerimu Cintai Negerimu (KNCN) serta mengenalkan keindahan Papua dalam bingkai Wonderful Indonesia guna meningkatkan kunjungan wisnus dan wisman ke Indonesia, khususnya Provinsi Papua kata Sapta Nirwandar jumpa pers persiapan Festival Budaya Asmat di Jakarta, Senin (26/9).
Selama festival berlangsung, serangkaian kegiatan akan digelar antara lain pentas seni dan budaya, lomba tari, lomba seni mengukir, lomba mengayam, serta diramaikan dengan lelang ukiran. Asmat memiliki keunikan ragam budaya. Ribuan seniman dan seniwati Asmat menghasilkan karya ukir, ayaman dan tarian yang khas sehingga menjadi daya tarik wisata.

Dirjen Sapta Nirwandar mengatakan, Provinsi Papua dan Papua Barat memiliki banyak event budaya dan pariwisata seperti Festival Lembah Baliem di Wamena, Jayawijaya, Festival Asmat, Festival Kamoro di Timika, dan Festival Danau Sentani di Jayapura, serta Festival Raja Ampat. Festival budaya ini menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Papua, kata Sapta Nirwandar. (Pusinpub)

Comments

Popular posts from this blog

GASING MAKASSAR

GASING TANJUNG PINANG

ASMAT CULTURAL FEAST 2011 / PESTA BUDAYA ASMAT 2011