Festival Danau Sentani 2011

 
Papua merupakan daerah paling timur di Indonesia yang memiliki daratan yang sangat luas yang berada di pulau bagian barat dan sebagian besar (75%) oleh hutan belantara. Bagian tengah wilayah Papua merupakan kawasan pegunungan Maoke sepanjang 640 km dimana terdapat puncak Jaya dan puncak Mandala yang merupakan puncak tertinggi di Indonesia, kedua puncak tersebut di tutupi salju abadi. Potensi pariwisata yang di kiliki provinsi ini hamper terlengkap di Indonesia.

 
Alam yang dimemiliki masih asli, budaya yang khas dan unik, minat khusus bahari yang tak kalah menarik dengan daerah lain di Indonesia bahkan mancanegara sekalipun. Semuanya ini belum di sentuh bahkan ditata untuk menjadi obyek dan daya tarik wisata unggulan bagi wisatawan, terutama salju abadi di pegunungan tengah dan taman NAsional Lorentz yang luasnya mencapai 2.505.600 ha. Kawasan ini merupakan kawasan konservasi terluas di Asia tenggara, berada pada ketinggian 0-4.884 m dan terbesar di 4 kabupaten, yaitu : kabupaten Jayawijaya, Mimika, Puncak Jaya dan Asmat. Taman NAsional Lorentz bukanlah kawasan Konservasi biasa seperti kawasan lainya melainkan pada tanggal 12 Desember 1999 PBB melalui United Nation Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) secara resmi menetapkan sebagai situs alam warisan Dunia yang memiliki kurang lebih 43 jenis ekosistem, kawasan daerah tropis yang memiliki gletser (puncak cartenz) dan danau habema yang menakjubkan, dihiasi padang rumput alpin dan rawa-rawa.
 
Festival danau sentani nerupakan kegiatan seni dan budaya budaya Papua yang menampilkan beragam atraksi budaya dari beberapa kampong (ondoafi) disekitar Danau sentani dari beberapa kabupaten di Papua. Dimana festival ini akan menjadi atraksi pariwisata andalan untuk menarik minat kunjungan wisnus dan wisma. Danau sentani memiliki luas sebesar 9.360 ha dan berad di ketinggian 75m2 dari permukaan laut, memiliki panorama alam yang indah dengan perkampungan yang khas dan asri di pinggir danau.
 
Festival Danau Sentani yang pertama pada tahun 2008 di buka secara resmi oleh Menteri Kebudayaan Dan Pariwisata dengan menandatangani prasasti sebagai tanda bahwa festival Danau Sentani akan di gelar setiap Tahun dan menjadi “Calender of Event” Kabupaten Jayapura. Dukungan festival Danau Sentani ke 4 tahun 2011 mengusung tema “LOVE PEACE AND HARMONY” atau cintai kasih damai dan rukun” dan kegiatan ini dikemas secara professional dan bertaraf internasional dalam rangka mendukung pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia melalui program “wonderful Indonesia” dan program promosi pariwisata dalam negeri melalui kenali negerimu cintai negerimu.
sumber : Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI
picture by cheps

Comments

Popular posts from this blog

GASING MAKASSAR

GASING TANJUNG PINANG

ASMAT CULTURAL FEAST 2011 / PESTA BUDAYA ASMAT 2011